Minggu, 10 Mei 2015

SEJARAH BLOG



Pada awalnya, blog ini dibuat sekitar awal tahun 2014. Karena kesibukan dengan skripsi, saya mengurungkan niat untuk mengisi blog ini. Pada awalnya pun, saya sebenarnya juga masih bingung akan diisi dengan apa blog ini. Hingga kira-kira satu tahun kemudian, tepat pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2015 di pagi hari yang mendung, mulailah tercipta ide untuk membuat blog yang berisi ulasan film. Sebab pada dasarnya saya sendiri suka dengan film.

Pagi itu sebenarnya saya berencana untuk menyervis sepeda motor matic adik saya. Rencana telah dibuat pada hari sebelumnya. Tapi, tiba-tiba pagi itu ia tampak serius sekali di depan laptopnya. Apalagi ketika saya mengajaknya ke bengkel, dia menolak karena sedang mengerjakan banyak tugas kuliah. Lagipula pagi itu langit juga mending dan rintik-rintik hujan juga masih terdengar jelas. Maka saya putuskan untuk membuka laptop dan tercetus ide membuat blog ulasan film ini. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat gambar bintang di Photoshop sebagai simbol untuk rating filmnya. Setelah dirasa selesai dengan hasil yang bagus, kemudian saya mulai melanjutkan blog yang terbengkalai hampir satu tahun ini. Sekitar 10 ulasan pertama selesai dengan cepat karena sebelumnya saya sudah membuat ulasannya dan membagikannya di Facebook. Saya mulai bingung lagi, melanjutkan ulasan baru atau membuat lagi ulasan dari film-film lama yang sudah pernah saya tonton sebelumnya. Maka saya putuskan untuk mengulas lagi film yang pernah saya tonton sebelumnya. Jadi, PR saya semakin banyak lagi ke depannya.

Walhasil, seharian itu saya fokus di depan laptop dengan hasil tampilan blog yang sudah lumayan memuaskan. Sederhana dan didominasi dengan warna biru yang lembut. Saya juga merasa perlu menampilkan foto saya pada banner-nya, karena terinspirasi dari salah satu situs luar negeri. Sebisa mungkin saya hindari penggunaan banyak gambar di template. Alhamdulillah, blog ini sukses membuat sibuk hari-hari saya. Saya jadi semakin bersemangat lagi menghadapi hari untuk selalu membaharui isi blog ini. 

Untuk sistem penilaian film, saya memakai simbol bintang dengan nilai tertinggi 4. Saya merasa perlu juga memiliki ciri khas dalam hal penataan konten ulasan, seperti penambahan poster dan 2 screenshot untuk mempertegas isi dari film yang diulas. Selain itu, ada beberapa film yang saya kelompokkan dalam kategori Film Super, yaitu film-film istimewa menurut saya. Pada bagian atasnya, saya tambahkan keterangan gambar bertuliskan Film Super.

Untuk saat ini, saya telah membagi blog saya menjadi 7 kategori. Sangat memungkinkan bagi saya untuk menambahkan kategori lain nantinya. Saya juga mengategorikan film melalui genre dan negara asalnya.

Berikut adalah rincian kategori dalam blog ini :  

1.       ULASAN FILM : berisi ulasan mengenai film-film
2.       FILM SUPER : daftar film-film paling istimewa bagi saya.
3.       CELOTEHAN : tulisan kecil saya mengenai opini pada berbagai hal.
4.       TOP 5 : daftar 5 besar berbagai hal, baik film atau pun di luarnya.
5.       ANALISA POSTER FILM : sedikit analisa saya pada beberapa poster film.
6.       TERBAIK TAHUNAN : kompilasi film-film terbaik tiap tahun dan setengah tahunnya.
7.       ULASAN SINGKAT : ulasan singkat film.

Saya ucapkan terima kasih untuk semua yang sudah meluangkan waktunya membaca ulasan film di blog sederhana ini. Blog ini masih jauh dari kata sempurna, baik dari konten ulasan maupun tampilan. Kritik dan saran selalu saya tunggu demi perbaikan kualitas maupun kuantitas blog ini ke depannya. Saya sangat berharap teman pengulas film lainnya juga meninggalkan link blognya, supaya nanti bisa saya tambahkan dalam daftar blog Teman. Sekian dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Update terakhir : 23 Juli 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !