Minggu, 03 Mei 2015

SHUTTER ISLAND [2010]

Seorang Martin Scorsese dikenal dengan karya-karyanya berupa film bertemakan gangster Itali penuh dengan adegan kekerasan, sebut saja seperti Goodfellas (1990), Taxi Driver (1975), The Departed (2007), dan masih banyak lagi. Saya salah satu penikmat film yang paling sering memfavoritkan film-film Martin Scorsese. Tapi tidak jarang pula beberapa film dari Scorsese lepas dari trademark tersebut. Hugo (2011) yang bisa dibilang sebagai film terlembut dari seorang Scorsese, dan Shutter Island yang dirilis setahun sebelumnya yang begitu menegangkan dan mind-blowing.

Di Shutter Island, Leonardo DiCaprio berperan sebagai seorang marshal bernama Teddy Daniels. Bersama partnernya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), ia mendapat permintaan dari Dr. Cawley (Ben Kingsley) untuk memecahkan misteri menghilangnya salah satu pasien rumah sakit jiwa Ashecliffe di Pulau Shutter. Menghilangnya pasien yang bernama Rachel Solando sangat misterius dan tidak masuk akal. Tidak ada satupun saksi yang sempat melihatnya di detik-detik menghilangnya. Dr. Cawley sebagai penanggung jawab RS jiwa tersebut menyarankan Teddy dan Chuck untuk tinggal sementara di pulau sembari menunggu badai di pulau tersebut mereda.

Keeseokan harinya, ditemukan lah secarik kertas berisikan catatan yang tertinggal di kamar Rachel Solando. Namun, dengan bantuan Dr. Cawley sekalipun masih belum ditemukan tanda-tanda kemana menghilangnya Rachel Solando. Sedikit demi sedikit bayang-bayang masa lalu dari Teddy pun terungkap meski masih terlihat samar-samar. Masa lalunya sebagai tentara Amerika ketika perang Normandia serta pembantaian terhadap tentara Jerman dan “penampakan” isterinya dengan menyebut nama pria misterius, Andrew Laeddis, masih menjadi misteri yang bertumpukan. Hingga akhirnya Teddy menyadari ada yang terasa janggal dengan RS jiwa Ashecliffe. Ia teringat dengan seorang pria bernama George Noyce yang menjadi korban eksperimen di RS jiwa tersebut. Dari situ lah Teddy merasa bahwa ia dengan Chuck telah dijebak untuk kemudian dijadikan korban berikutnya. Ketika Teddy merasa semua misteri yang awalnya samar tiba-tiba semakin jelas, maka tiba-tiba Rachel Solando akhirnya ditemukan. Lalu, bagaimana dan di mana Rachel Solando melarikan diri ?
Gelap, menegangkan, dan membuat bertanya-bertanya. Itulah kesan pertama hingga pertengahan ketika menonton Shutter Island. Banyak misteri yang dimunculkan sedari awal termasuk masa lalu Teddy menambah semakin banyaknya beban yang dirasakan penonton untuk menyusun misteri tersebut menjadi satu kesatuan jawaban. Keberadaan Chuck di sini membuat saya di ambang keraguan. Apakah dia benar-benar orang yang terlibat di sini atau kah hanya sekedar decoy? Semua karakter pendukung di sini memiliki peranan penting sendiri-sendiri, termasuk seorang dokter Jerman, Dr. Naehring (Max von Sydow). Penambahan efek CGI ternyata juga banyak digunakan pada film ini. Hal tersebut bisa dikatakan mempengaruhi beberapa film Scorsese berikutnya.

Secara keseluruhan Shutter Island memiliki tempo penceritaan yang lumayan cepat. Ending twist di sini memang dijadikan Martin Scorsese sebagai alat pamungkas. Semua dialog dari menit-menit awal jika dicermati dengan sangat baik sebenarnya merujuk jawaban akhir dari film ini. Memang perlu menonton lebih dari satu kali untuk membuktikannya. Shutter Island memang mengingatkan saya kepada salah satu mahakaryanya Alfred Hitchcock, Vertigo (1958). Ending twist dan jawaban yang membuat mind-blowing menjadi sedikit kemiripan keduanya. Perbedaannya adalah jika Shutter Island dibangun dengan banyak menebar misteri di sana sini, maka Vertigo berjalan lebih tenang tanpa membuat penontonnya tahu bahwa ada misteri yang disebar. Well, saya tidak akan membahas banyak mengenai Vertigo. Overall, saya sangat menikmati Shutter Island. Sajian yang luar biasa meski bukan karya terbaik dari seorang Martin Scorsese. 
ATAU
8,5 / 10

34 komentar:

  1. apakah ini semacam film horor?

    BalasHapus
  2. jujur saya udah beberapa kali nonton tapi tetep ga ngerti hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ku jawabannya di balikin ke penonton. teddy daniels benar" gila n ngebuat fantasi cerita di alam fikirannya. atau dia terjebak di sana di jadiin pasien

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kalau menurut aku sih menonton film ini cuman buang-buang waktu dan uang.
    sama dengan sinetron indonesia berputar-putar gak jelas. mending nontom naruto 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak kau gak jelass!
      Justru ini film yg dinikmati sm orang2 dengan otak jenius dan cerdas. Karna ada teka teki di dalamnya & twist yg bikin kagum. Cuma naruto doang tau mu ya bocah!!

      Hapus
  5. Intinya si 'leonardo'ini,..korban dari konspirasi besar,..yang berada d pulau tsb.(dokter,polisi,kepala rumah sakit,..bahkan rekannya sendiri) sudah mnjebaknya,..

    BalasHapus
  6. bukan itu intinya, Leonardo lah orang gila yang memainkan peran. mereka yang berada disana hanya mengikuti cara bermain leonardo saja. itu.

    BalasHapus
  7. Menurut saya, Teddy memang terjebak di RSJ itu, dan dia di jadikan experimen, dan memang akhirnya ngga bs keluar dari pulau iti, jadi penghuni tetap seperti tahanan (pasien) lainnya

    BalasHapus
  8. Saya sdh nonton filmnya... Dan misterinya SDH terpecahkan... Dan intinya si Andrew ingin disadarkan dari halusinasi akutnya oleh kepala dokter si botak, sehingga si botak membuatkan jalan cerita untuk menyadarkan si Andrew dari halusinasi fantasi tingkat dewa yg di buat sendiri. Tapi kalo yg nonton sampai akhir dia sbnrnya SDH waras/sadar tapi karena dia akan langsung dipenjara Krn kasus membunuh istrinya, jadi dia pura" menjadi gila kembali... gitu menurut saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir dia bilang chuck lagi, itu sengaja biar ga dipenjara gitu?

      Hapus
    2. Iya dia pura2 gila lagi, kan dia tanya... Mending hidup jadi monster atw mati jadi apaa gitu lupa. Nah dia sengaja pura2 masih gila supaya akhirnya dia dibawa ke mercusuar dan otaknya di cederai karena dia ga sanggup nanggung bebn hidupnya...dia pilih jadi mayat hidup aja...btw baru nonton kmrn dan terobsesi Shutter Island haha

      Hapus
    3. Dia memilih untuk Labotomy... Itulah inti dari filmnya... Baca Labotomy di google

      Hapus
    4. Rachel solondo yg ketemu di gua,itu apakah ikut memainkan peran terlibat sprti dokter yg botak?

      Hapus
  9. ?????????? Tergantung pengertian pribadi masing masing. Sungguh karya yg sangat bagus.penonton di ajak berfikir

    BalasHapus
  10. Intinya cerita tersebut adalah misi pengembalian ingatan. Uniknya bukan diceritakan dari sudut pandang kerja para pengembali ingatan(dokternya) itu sendiri,tetapi diceritakan dari sudut pandang si orang gila.

    BalasHapus
  11. Menurut saya ada dua kesimpulan dari film tsb. pertama, teddy adalah org gila yg dibantu utk mengingat semua ingatannya di masa lah agar menjadi waras. Kedua, teddy adalah org waras yg dijebat utk menjadi gila utk tujuan eksperimen spt yg dikatakan Salando. Apapun itu kedua alasan itu sama2 masuk akal. Silahkan nonton dan putuskan menurut anda spt apa. Yg jelas film ini mengajak kita utk berfikir.

    BalasHapus
  12. Selera satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda memang. Yang menurut kita tidak masuk akal atau absurd, belum tentu menurut orang lain begitu. Menurut saya, Teddy merupakan seorang pasien di rumah sakit tersebut, dia mengidap halusinasi dan delusi. Di mana, di cerita ini, ia hanya berhalusinasi bahwa ia adalah Teddy dan bukannya Andrew (yang Teddy bilang sebagai pembunuh istrinya) dan ia memercayai hal itu (delusi). Bahkan meski mengingat masa lalunya di akhir cerita (bukan bermaksud spoiler), Teddy tidak pernah akan sembuh. Ia kembali menjadi Teddy, dan menyangka psikiaternya adalah temannya, partnernya sebagai marshal.

    BalasHapus
  13. Menurut aku lebih seru baca coment nya drpda nonton filmnya😁✌kalian luar biasa

    BalasHapus
  14. si leonardo kenak pnyakit skizo .

    BalasHapus
  15. film yang buat mikir keras tapi seru ending nya dibagi 2 kubu

    susu kental manis

    BalasHapus
  16. Filmnya kereen,,,jdi nambah ilmu u ank2 psikologi nie

    BalasHapus
  17. Hanya orang yang pernah gila yang dapat mengerti film ini

    BalasHapus
  18. Wkwkwkwkkwkw... heran ya, kok ada yg berkesimpulan bahwa teddy dijebak oleh konspirasi pihak RSJ ya... udah sangat jelas kok bahwa si Teddy ini yang gila, dan sedang diupayakan untuk penyembuhan mengikuti alur jalan cerita si pasien... adegan dan percakapan sepanjang film bisa dicermati dengan seksama maka akan nyambung dengan ending film ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ada alasan yg gak masuk akal klo si leo ini beneran gila. Misalnya anak laki2 yg sebelumnya gak ada dlm pikiran dia. Cuma anak perempuan sm istrinya aja yg muncul. Sm perkataan si dokter rachel di goa. Seperti banyak pikiran yang ditanam dan disambung sehingga gak mausk akal, itu artinya dia debri obat utk memanipulasi pikirannya. Terus dia mulai bermimpi setelah dikasih pil

      Hapus
  19. udah denger banyak review dari orang yang udah nnton ini. banyak yang bilang gangerti walopun udah nnton berkali2. tp barusan gua nnton ini barusan aja baru selesai sebenernya gak serumit jalan ceritanya. dari yang gue tangkep disini itu ya si teddy itu adalah kepribadian yang diciptain dr fantasinya andrew laidders mantan US Marshall yang membunuh istrinya sendiri karena istrinya membunuh ketiga anaknya karena istrinya emg dasarnya udah gila dan orang2 udah ngasihtau si andrew kalo istrinya itu gila tp ttp gadengerin dan akhirnya kejadian pembunuhan ketiga anaknya terjadi. sebelumnya istrinya juga udah pernah ngomong sama si andrew klo ada yang salah sama diri istrinya tp si andrew lagi2 gaperduliin. dan orang2 di RSJ itu ngebantu si andrew buat bisa sadar lagi dari fantasinya dengan cara ngikutin jalan cerita yg ada diotaknya dia berharap supaya nntinya dia bakal tau kebenarannya sendiri. dan bener dengan cara itu akhirnya mereka berhasil ngembaliin kewarasannya andrew. andrew akhirnya sadar dan inget masa lalunya tp pada akhirnya dia lebih pilih mati aja daripada idup sebagai monster karena dihantui masa lalunya. dan diakhir itu sebenernya dia itu cuma pura2 delusi lagi karna dia pilih lebih baik mati sebagai pria baik daripada jadi hidup sebagai mosnter. sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ga dimtiin tapi di labotomy...diambil bagian otaknya jadi dia kaya zombie gitu...baca deh di gugel...seru juga pelemnya, ilmiah...hehe eik bru nongton kamren

      Hapus
  20. Keren, alur cerita yg sangat keren. Kalo kita tidak memperhatikan adegan per adegan, kita akan terjebak pada pemikiran bahwa pihak rsj tsb sedang melakukan eksperimen terhadap pasien2... yg ternyata pada dasarnya mereka sedang berusaham memulihkan ingatan si andrew alias teddy tsb dengan cara mengikuti permainannya... dan pada akhir cerita sebenarnya beliau sudah sadar dan pulih, tetapi karena tidak ingit mengingat masa lalu yg kelam dan menyedihkan, dia memutuskan untuk pura2 sakit/gila lagi...

    BalasHapus
  21. Tapi bagaimn dg peran rachel yg asli d gua? Apa itu jg fntasix teddy? Ksh pncerahan donk

    BalasHapus
  22. Teddy gak gila... pertimbangannya:
    1. Istrinya mati terbakar bukan terbunuh oleh pistol
    2. Teddy tak punya anak, anak perempuan yg dilihatnya adalah korban perang
    3. Wajah 2 anak laki2 yg mati tidak diperlihatkan karena tak ada memori akan hal itu
    4. Semua halusinasi datang dan pergi secara tiba2 (ex: Istri teddy), berbeda dengan noyce (di penjara) & Rachel (di Goa)
    5. Pasien wanita yg memberi pesan RUN pada Tedy
    6. Chuck memanglah dokter Sheehan dan bukan marshal (polisi), terbukti saat ia kesulitan mencabut pistol di adegan awal
    7. Analisa Rachel tentang rokok dan obat2 yg diberi kepada teddy sbg pemicu delusi semakin parah adalah fakta... terdapat perbedaan penggambaran antara delusi yang muncul (muncul dan pergi seketika dan disadari oleh tedy), memori traumatis tedy (berupa ingatan dimasa lalu) dan realita (digambarkan berlawanan dengan delusi) ... Hal itu diperkuat oleh pernyataan noyce dalam penjara ("mereka mulai bermain2 dalam pikiranmu)
    8. Adegan akhir dimana chuck/sheehan menggeleng kepala bukan berarti laeddis belum sembuh, namun bermakna Teddy belum berhasil dipengaruhi menjadi gila (dibrainwash sbg laddies si pembunuh) kemudian perawat datang dengan peralatan medis pembedahan otak (labotomy)...
    9. Di awal wajah kepala sipir memgingatkan tedy akan laeddis (botak dengan wajah penuh luka)... disebutnya "seperti penjahat perang"... tentu ada kaitannya pula dg dokter yg fasih berbahasa Inggris namun orang Jerman (dimana tedy pernah memiliki memori buruk akan pembantaian orang2nya)...
    10. Pernyataan Ben Kingsley si dokter botak (lupa namanya) yg bilang kalo tedy udh 2 tahun, 9 bulan yg lalu pencapaianmu sudah seperti ini, memberi kertas yg bertuliskan the law 4 dan who is 67 dengan tempat yg mudah ditemukan oleh tedy, dan diakhir cerita digunakannya sbg mind twist bahwa tedy selalu menyebut 4 nama dg variasi (anagram) yg berpola dan mengarahkannya untuk mengakui dialah pasien ke 67 dg deskripsi palsu yg sebelumnya sengaja telah dibawa2 oleh chuck, padahal dimalam sebelumnya tedy telah mendengar pembicaran para dokter bahwa total pasien berjumlah 24 dibangsal A dan B serta 22 dibangsal C (total 66)... Jadi secara tidak sengaja pasien ke 67 yg dicari teddy justru diarahkan oleh pihak RS sebagai dirinya. (Namun di poin ini juga dpt berarti sebaliknya yaitu tedy adalah laddies yg menuduh Rachel Solando sbg pasien ke 67, karena jika film ini dibuat tanpa mind blowing dengan ending hanya perspektif Dr Ben Kingsley dan Dr Sheehan maka tuduhan pasien ke 67 adalah rachel solando hanyalah delusi tedy, sekalipun ini sudah dibantah dlm poin 4)

    BalasHapus

AYO KITA DISKUSIKAN !